J. APLIKASI TRIGONOMETRI

Pada pokok bahasan ini kita coba kaitkan trigonometri ke dalam kehidupan kita.


Sebagai contoh :

1.

Sebuah tangga diletakkan pada tembok, jika jarak antara tangga dan tembok 3 meter dan tangga membentuk sudut 60 ° terhadap lantai, maka tentukan panjang tangga ?

Lihat Penyelesaian
2.

Seorang anak yang tinggi matanya 150 cm melihat ujung tiang bendera dengan sudut elevasi 60 ° , kemudian anak tersebut mundur sejauh 4 meter dan kembali melihat ujung tiang bendera dengan sudut elevasi 30 ° , tentukan ketinggian tiang bendera tersebut ?

Lihat Penyelesaian
3.

Sebuah kapal berlayar dari pelabuhan A ke pelabuhan B sejauh 100 km dengan arah 070 ° , kemudian dari pelabuhan B berlayar ke pelabuhan C sejauh 200 km dengan arah 160 ° , tentukan jarak pelabuhan A ke pelabuhan C ?

Lihat Penyelesaian
4.

Kota B terletak 10 km dari kota C dengan arah 115 ° ,dan kota A terletak 10 km dari kota B dengan arah 235 ° maka tentukan jarak antara kota A dan C ?

Lihat Penyelesaian
5.

Sebuah kapal yang sedang berlayar di lihat dari puncak menara, jika ujung –ujung kapal dilihat dengan sudut depresi 45 ° ,dan 60 ° , tinggi menara dari air adalah 200 meter dan tinggi ujung-ujung kapal dengan permukaan air adalah 4 meter,

maka tentukan panjang kapal ?

Lihat Penyelesaian